Kamis, 29 Desember 2011

PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN


Keberadaan pasar tradisional dewasa ini cukup memprihatinkan di Indonesia terlebih setelah muncul pasar modern di kalangan masyarakat. Dengan munculnya globalisasi yang ditandai dengan majunya teknologi dan informasi yang menembus batas. Globalisasi memperlihatkan pada revolusi dalam berbagai hal khususnya Pasar. 

Kelebihan adanya pasar tradisional :
Pertama yaitu harga. Salah satu dan sampai saat ini menjadi daya tarik bagi pasar tradisional yaitu harga yang “sedikit lebih murah” dibandingkan dengan pasar modern. Sehingga pangsa pasar tradisional terbanyak sampai saat ini yaitu masyarakat dari golongan menengah ke bawah. Masyarakat dari golongan ini lah yang sampai saat ini masih bertahan untuk berbelanja di pasar tradisional. Meskipun kecenderungan yang ada saat ini bagi masyarakat golongan menengah mulai beralih untuk berbelanja di supermarket atau pasar modern.
Kedua yaitu komoditi. Sampai saat ini, komoditi yang diperdagangkan dalam pasar tradisional memiliki banyak jenis. Sehingga sesuatu produk yang dibutuhkan oleh pembeli yang mayoritas masyarakat golongan menengah ke bawah tersedia dalam berbagai jenis dan varians. Tidak jarang masyarakat untuk mencari suatu produk atau barang tertentu yang menjadi tujuan mereka yaitu ke pasar tradisional.
Ketiga yaitu budaya tawar-menawar. Dalam pasar tradisional, harga suatu produk tidak dicantumkan dalam kemasan produk atau barang sehingga antara penjual dan pembeli atau konsumen terjadi interaksi tawar-menawar dalam menjual dan membeli suatu produk untuk mencapai kesepakatan harga yang diinginkan kedua belah pihak. Atau antara lain antara pihak penjual dan pembeli sama-sama tidak dirugikan.
Keempat yaitu lokasi. Hingga saat ini, pasar tradisional merupakan suatu pasar yang memiliki lokasi pasar yang strategis karena berada di dekat pemukiman penduduk. Lokasi yang berada di dekat pemukiman penduduk merupakan unsur yang sangat penting karena lokasi menentukan keefektifan dan keefisienan suatu aktivitas atau dengan kata lain jarak merupakan hal vital dalam penentuan suatu lokasi pasar.

Kelebihan adanya pasar modern :
a.       Dalam segi kebersihan Supermarket atau pasar modern merupakan suatu pasar yang memiliki manajemen yang baik. Terkelola dengan sistem yang telah dibuat dengan sedemikian rupa dan karyawan yang bekerja dengan bagian yang telah ditentukan. Salah satunya yaitu petugas kebersihan. Di dalam pasar modern dapat kita lihat bahwasanya banyak petugas kebersihan supermarket yang bekerja setiap hari seperti membersihkan lantai dari kotoran yang melekat. Hal ini dilakukan karena kebersihan merupakan suatu indikator penting bagi sebuah supermarket dan merupakan sebuah pelayanan yang diberikan kepada konsumen.
b.      Harga. Dalam pasar modern, konsumen tidak perlu diperhadapkan dengan kebingungan berapa harga dari setiap produk yang ingin dia beli karena harga telah dicantumkan dalam setiap produk yang mereka tawarkan. Ini merupakan suatu perubahan penting dari strategi penjualan yang dilakukan oleh pasar modern.
c.       Kemanan. Dalam sebuah pasar, keamanan merupakan indikator penting dan sebagai salah satu penunjang sisi pelayanan. Di dalam pasar modern kita dapat melihat petugas kemanan yang berjaga-jaga mulai dari supermarket di buka sampai ditutup kembali. Hal ini akan membuat konsumen merasa aman dalam berbelanja, hingga di hari-hari berikutnya konsumen akan terus merasa tertarik untuk berbelanja.

Munculnya pasar modern secara pasti dapat membuat keresahan di kalangan pasar tradisional terlebih jika wacana yang diberikan pemerintah tentang pembakuan antara pasar tradisional maupun pasar modern yang mungkin akan membuat persaingan keduanya semakin sengit di masa-masa mendatang. Data Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) menyebutkan, hypermarket telah menyebabkan gulung tikarnya pasar tradisional dan kios pedagang kecil-menengah. Data yang dikumpulkan APPSI pada tahun 2005, saat hypermarket belum begitu menggejala seperti sekarang, memaparkan, di Jakarta terdapat delapan pasar tradisional dan 400 kios yang tutup setiap tahun karena kalah bersaing dengan hypermarket.
Untuk menghadapi permasalahan ini dibutuhkan kerja keras dari pemerintah untuk memberikan kebijakan yang adil yang tidak memihak diantara keduanya dan sebisa mungkin kebijakan yang diberikan untuk kebaikan dari kedua pasar ini baik tradisonal maupun modern. Jika pemerintahh berpihak pada salah satu diantaranya maka masalah lain akan muncul misalnya saja apabila pemerintah lebih berpihak ke pasar modern dalam kebijakannya maka bukan tidak mungkin para pedagang yang berada di pasar tradisional akan gulung tikar yang itu  justru menyebabkan pengangguran yang berkorelasi dengan kemiskinan yang merupakan pangkal dari masalah sosial.

sumber : http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2011/05/18/pasar-tradisional-vs-pasar-modern/ diaksestanggal 25 desember pukul 13:28 wib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar